Signage jarang dibicarakan padahal sangat sering ditemukan di jalan. Signage adalah papan informasi untuk menunjukkan sebuah instruksi atau melakukan promosi. Penggunaan signage ini ditujukan untuk mengomunikasikan sesuatu kepada audiens.
Tahukah Anda? Berdasarkan laporan dari InfoTrends, Signage dapat meningkatkan brand awareness hingga 47,7% dan pembelian rata-rata mencapai 30%. Selain itu, signage juga dapat menumbuhkan customer experience serta peningkatan penjualan dan loyalty. Namun, bagaimana caranya membuat signage agar bisa meningkatkan penjualan? Cek tips berikut ini!
- Relevan dengan pelanggan
Salah satu hal penting yang perlu diperhatikan dari sebuah iklan adalah relevansi. Berdasarkan Digital Signage Today, relevansi menjadi salah satu kelebihan dari digital signage. Relevansi yang didapatkan dari digital signage ini membantu brand untuk menyampaikan pesan yang tepat kepada target konsumen yang sesuai dan di momen yang tepat. Contohnya, iklan yang muncul di papan billboard tentu akan lebih relevan dibandingkan dengan iklan yang ditampilkan di radio.
- Luwes dan personal
Iklan tradisional lebih kaku dan digital signage memberikan keluwesan pada pelanggan. Video yang muncul lewat signage digital mungkin akan memberi pesan yang berbeda bagi orang yang berbeda karena fleksibilitasnya. Hal ini membuat digital signage menjadi lebih personal dibandingkan dengan iklan tradisional dan cenderung lebih menarik perhatian pelanggan
- Interaktif dan menyenangkan
Digital signage membuat pelanggan lebih tertarik karena mereka dipersilakan untuk mengontrol iklan tersebut atau munculnya efek dinamis dari iklan tersebut. Kita ambil contoh iklan Samsung Galaxy S22 Series berupa video seekor macan yang bergerak dan ditampilkan secara serempak di banyak billboard digital. Respon pelanggan umumnya akan tertarik dengan visual yang ditampilkan karena dalam bentuk gerak. Hal ini memberi kesan tidak membosankan bagi pelanggan dan akan langsung menarik perhatian masyarakat secara umum yang melihat iklan tersebut.
- Pengalaman Pelanggan
Untuk meningkatkan pengalaman dari pelanggan, kombinasikan faktor-faktor relevansi, personal, dan dinamis dalam satu iklan. Buatlah iklan yang menyampaikan pesan yang relevan bagi konsumen yang tepat dan di saat yang tepat. Hal ini dapat dilakukan dengan membuat signage yang menunjukkan personality dari brand secara jelas.
Hanya dengan 4 cara mudah dalam membuat signage, Anda bisa meningkatkan brand awareness serta penjualan. Kevinsindo menyediakan signage indoor/outdoor terbaik dan berkualitas tinggi yang dapat disesuaikan untuk bisnis Anda. Hubungi kami di sini.